ROG Review Competition

Raja laptop gaming telah tiba, ASUS ROG Strix SCAR 17 SE G733C

Viewing 1 post (of 1 total)
  • Author
    Posts
  • Bayu Sungsang
    Participant

    1-header
    Mempunyai laptop yang berkekuatan layaknya PC Desktop, Memberi pengalaman gaming juga multitasking terbaik, portabilitas, fitur premium, teknologi yang inovatif, stylish, serta performa kencang dan tangguh. Untuk memenuhi semua itu, Asus telah menghadirkan laptop ASUS ROG Strix SCAR 17 SE G733C.
    PC Game Pass kini sudah tersedia di dalam ASUS ROG Strix SCAR 17 SE dan Mainkan 100+ game berkualitas tinggi, termasuk EA Play. Dapatkan 1 bulan Game Pass secara Gratis, sudah termasuk dalam pembelian ASUS ROG Strix SCAR 17 SE.
    ASUS ROG Strix SCAR 17 SE merupakan laptop gaming terkencang yang dibuat ASUS saat ini. Didukung chip CPU dan GPU terkencang dari Intel dan Nvidia, serta pendingin yang sangat ekstrem dan fitur-fitur menarik lainnya, berkekuatan layaknya PC Desktop, yang memberikan pengalaman bermain game serta multitasking dalam portabilitas. ASUS ROG Strix SCAR 17 SE lahir sebagai World’s Most Powerful Gaming Laptop.
    2-desain
    Design & Build Quality yang sangat bagus
    Desain laptop yang terlihat sangat gaming banget, terlihat kokoh, tangguh solid, dan gahar. Dan dibagian bodi laptop terdapat ukiran dengan invisible ink. Ukiran tinta tersebut akan bisa terlihat dan terasa menyala jika disorot dengan sinar ultraviolet dari senter ultraviolet yang juga sudah disediakan dalam paket penjualan. Tampilan invisible ink yang ada di body ROG Strix SCAR 17 SE merupakan petunjuk bagi gamer untuk menyelesaikan tantangan SCAR Runner yang ada di game ROG Citadel XV.
    Di bagian belakang terdapat Armor Cap yang dapat dikostumisasi, ada tiga pilihan Armor Cap yaitu Stealth Silver, Translucent Speckled Black, dan Prismatic Black yang bisa dipilih dan pasang sesuai seleramu.
    Ukuran dan Berat
    ASUS ROG Strix SCAR 17 SE berukuran 395 x 282 x 23,4 mm dan berbobot dengan berat 3,1 kg. Dengan spesifikasi setara PC Desktop seperti ini, ketebalan 23,4 mm pada laptop ini tergolong tipis. Lebar layar berukuran 17 inchi.
    Spesifikasi Utama:
    I9
    CPU
    Ditenagai dapur pacu Intel® Core™ i9-12950HX. Cpu ini mempunyai 16 core yang terdiri dari 8 Performance-Core dan 8 Efficient-Core, serta 24 thread, dan 30 MB Intel Smart Cache, memiliki base power 65W dan Performance-core yang dapat berjalan di frekuensi Up To 5,2 GHz berkat Intel® Turbo Boost Max Technology 3.0 Frequency. Asus telah memastikan bahwa laptop ini mempunyai single-thread terkencang, terutama saat dipakai bermain game. Performa hybrid CPU perpaduan antara Performance-Core yang akan bertugas memproses aplikasi yang berat, sedangkan Efficient-Core akan bertugas memproses aplikasi ringan secara efisien serta hemat daya. Kombinasi ini akan sangat berguna untuk gaming serta multitasking pekerjaan lainnya secara cepat dan efisien. Tak hanya itu Asus juga telah menyematkan aplikasi Armoury Crate, aplikasi ini berfungsi untuk tuning Cpu secara manual sehingga prosesor dapat berjalan di daya 175 W. Pengaturan ini akan membuat performa ROG Strix Scar 17 SE layaknya performa PC desktop.
    Gpu
    GPU
    Disisi GPU ROG Strix Scar 17 SE dibekali dua dapur pacu GPU yaitu Intel® UHD Graphics yang terintegrasi bersama CPU dan juga discrete GPU dari Nvidia. Terdapat dua varian discrete GPU dari Nvidia yaitu GeForce RTX™ 3070 Ti  atau GeForce RTX™ 3080 Ti yang sudah mendukung DirectX 12 Ultimate, dan dukungan hardware ray-tracing yang membuat pencahayaan di game lebih akurat, Dlss yang merupakan AI upscaling berbasis neural yang akan membuat game dengan nyaman dinikmati di resolusi tinggi, serta variable-rate shading yang membuat game dapat berjalan dengan frame rate yang tinggi. GeForce RTX™ 3080 Ti merupakan GPU terkencang yang dibuat Nvidia saat ini. GPU ini memiliki TGP (total graphics power) yang ditingkatkan sampai 175 watt berkat fitur dynamic boost. Sehingga laptop ini dapat menjalankan game dengan lancar di fps tinggi maupun resolusi tinggi.
    Ram
    Memori (RAM) yang kencang
    Dilengkapi teknologi RAM terbaru yaitu DDR5 4800 MHz SO-DIMM berkapasitas 32 GB dual channel, dan tentu saja bisa di-upgrade hingga 64GB. RAM ini mempunyai frekuensi lebih tinggi ketimbang DDR4, jadi akan berpengaruh juga ke frame rate yang lebih baik waktu bermain game.
    Ssd
    Media penyimpanan (SSD) yang sangat cepat
    ROG Strix SCAR 17 SE telah disematkan media penyimpanan berupa SSD PCIe®4.0 NVMe™ M.2, sebesar 1TB/2TB  pengkonfigurasian secara RAID 0, maka media penyimpanan ini akan berjalan dengan performa maksimal.
    Konektivitas yang lengkap
    ROG Strix SCAR 17 SE dilengkapi dengan konektivitas yang lengkap untuk menunjang kebutuhan gaming juga produktifitasmu, yaitu Konektivitas nirkabel Wi-Fi 6E(802.11ax) Bluetooth 5.2 (Dual band) 2*2, tersedia juga thunderbolt 4 yang mempunyai kecepatan 40Gbps.
    Battery Life yang tahan lama
    ROG Strix SCAR 17 SE telah terpasang baterai 90WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion, dengan baterai ini laptop dapat bertahan selama kurang lebih 8 jam 30 menit jika digunakan untuk memutar video. Ini termasuk battery life yang bagus, mengingat laptop ini setara PC Desktop. Dengan dibekali adaptor berdaya 330W. Saat digunakan untuk mengisi daya, baterai Strix SCAR 17 SE dapat diisi ulang dari nol hingga 50% hanya dalam 30 menit.
    mux
    MUX Switch
    Laptop ini mempunyai dua GPU, yaitu Intel® UHD Graphics yang terintegrasi bersama CPU dan juga discrete GPU dari Nvidia. Dengan adanya MUX Switch, kita secara fisik dapat mengubah koneksi antara GPU ke display . Yang akan memungkinkan kita untuk mengaktifkan atau menonaktifkan grafis terintegrasi secara manual. Jika membutuhkan performa GPU tinggi saat gaming, kita dapat mengaktifkan discrete GPU dari Nvidia dan menonaktikan igpu intel, untuk performa gaming yang lebih baik. Dan untuk daya tahan baterai lama, kita bisa mengaktifkan igpu Intel yang hemat daya.
    Cooling
    Cooling sistem yang luar biasa bagus dan senyap
    Asus menyematkan teknologi Vapor chamber dengan empat ventilasi pembuangan pada pendingin laptop ROG Strix Scar 17 SE ini. Vapor chamber ini dirancang Asus dengan terhubung langsung dengan heatsink berbahan tembaga dan melapisi 48,8% area di motherboard sehingga dengan jangkauan luas ini dapat dengan mudah membuang panas dan mendinginkan komponen didalam laptop, seperti CPU, GPU,VRAM, VRM, dan semua komponen lainnya secara menyeluruh dengan sangat efisien.
    Pendingin laptop ini juga dibekali dengan ROG Intelligent Cooling, menggunakan 6 pipa tembaga dan dua kipas Arc Flow Fans yang akan menghembuskan udara masuk dan keluar. Terdapat 84 bilah kipas yang siap menghantarkan udara serta mampu mengurangi noise, sehingga ini membuat laptop jadi lebih hening, senyap, dan tidak bising. tingkat noise ROG Strix SCAR 17 SE tidak lebih dari 40 db
    Teknologi Self-Cleaning Cooling 2.0 juga termasuk dalam ROG Intelligent Cooling, berupa terowongan anti debu yang mana mampu mengurangi dan mencegah debu yang masuk dan menempel di bilah kipas, kisi-kisi heatsink, beserta komponan penting lainnya.
    ROG Intelligent Cooling juga menggunakan liquid metal Thermal Grizzly Conductonaut Extreme thermal compound pada chip CPU dan GPU sehingga bisa menurunkan suhu operasional sampai 15⁰C jika dibandingkan dengan thermal compound standar yang memakai bahan silikon.
    Display
    Layar yang memanjakan mata
    ROG Strix SCAR 17 SE mempunyai layar beresolusi QHD (2560 x 1440 piksel) yang memiliki refresh rate 240Hz serta response time 3ms, anti-glare, dan brightness 300nits. Tentu saja layar tersebut sudah didukung oleh teknologi Dolby Vision serta Adaptive Sync yang sangat berguna untuk menghilangkan efek stuttering juga tearing. Sehingga gamingpun jadi lebih enak. Dan juga layar ini berbezel tipis yang mana ini akan membuat layar jadi lebih enak dilihat.
    Diperkaya akan warna dengan 100% DCI-P3, akurasi warna ini sangat cocok banget untuk gaming dan juga kebutuhan konten creator misalkan video/foto editing, animasi editing, desain grafis, dan pekerjaan lainnya yang butuh akurasi warna tinggi.
    Audio yang menggelegar & microphone yang jernih
    Terdapat 4-speaker system dengan Smart Amplifier Technology, Hi-Res certification. Berkat teknologi Dolby Atmos telah tersemat didalam tubuh laptop ini. Audio yang dihasilkan laptop ini sangatlah bagus, Bass yang jernih dan jelas. Laptop ini juga menghasilkan suara kencang menggelegar dan zero distorsi karena adanya Smart Amp Technology. Untuk menghilang noise background Asus telah menyematkan teknologi Two Way AI Noise Cancelation. Yaitu teknologi berbasis deep-learning yang dapat menghilangkan suara mengganggu dari mikrofon, keyboard, mouse, dan suara mengganggu lainnya disekitarmu ketika kamu sedang video call atau sedang record video/music untuk konten. Dilengkapi juga Built-in array microphone yang jernih waktu dipake mengambil suara.
    Keyboard
    Keyboard & RGB Lighting
    Support Backlit Chiclet Keyboard Per-Key RGB. RGB LED yang ada pada setiap tombol keyboard yang dapat diatur per zona, pada bagian bawah bodi terdapat RGB bezel glow yang memang didesain agar terlihat gaming banget. Yang semuanya itu dapat diatur dengan aplikasi Armoury Crate.
    Agar jari tetap dingin waktu bermain game, terdapat ventilasi kecil di sekitar tombol WASD keyboard, yang memungkinkan kipas menghembuskan udara dingin kearah atas sehingga keyboard tidak terasa panas.
    Touchpad
    Touchpad yang responsif
    Ukuran touchpad di laptop ini sangat lebar, touchpad ini sangat responsif juga akurat sehingga sangat mudah untuk digunakan bernavigasi.
    Port
    Ports I/O & Keystone
    Ada dua buah USB 3.2 gen1 tipe-A, USB 3.2 gen2 tipe-C, jack audio combo 3,5 mm, HDMI(2.1), dan Thunderbolt 4. Terdapat port RJ45 yang mendukung 2.5G LAN untuk lokal koneksi, support DisplayPort™ , power delivery, G-SYNC. Dan di bagian sisi kanan terdapat slot Keystone II. Keystone II ini berfungsi menyimpan data personalisasi laptop, pengaturan laptop, juga membuka folder Shadow Drive.
    Security yang bagus
    Terdapat BIOS Administrator Password and User Password Protection sebagai pelindung laptop ini. Juga Trusted Platform Module (Firmware TPM), sistem keamanan berbasiskan hardware yang siap mengamankan laptop ini dari serangan hacker.
    Armoury
    Software Armoury Crate khas ROG
    Seperti laptop ROG lainnya, laptop ini juga terinstall Armoury Crate, Dengan software ini, kita dimudahkan untuk melakukan setting khusus pada laptop. Misal setting saat laptop dipake bermain game, melakukan kustomisasi RGB keyboard, overclocking, dan tuning hardware lainnya.
    BIOS & Undervolting
    Tampilan bios khas seperti laptop ROG lainnya. Ada menu unlock di Bios untuk undervolt CPU. Yang bisa di-undervolt diantara 0-80 milivolts. Juga bisa pake intel XTU untuk memaksimalkan Tuning CPU.
    Linux Support
    ROG Strix SCAR 17 SE dapat menjalankan Ubuntu 22.04 dengan baik dan lancar, semua komponen seperti speaker, keyboard, touchpad, wifi, bluetooth, dan komponen lainnya berjalan lancar dan mulus di laptop ini.
    Harga
    ASUS mematok harga:
    Rp48.999.000 untuk versi Core i9 / RTX 3070Ti / 2x16GB RAM / 1TB SSD / QHD 144Hz
    Rp66.999.000 untuk versi Core i9 / RTX 3080Ti / 2x16GB RAM / 2TB SSD / QHD 144Hz
    Kesimpulan
    Semua hal yang dibutuhkan Gamer dan Konten Kreator sudah ada dalam tubuh laptop ini. Perpaduan hybrid CPU dari Intel dan high-end GPU dari Nvidia menghasilkan performa laptop yang setara PC Desktop. Jadi jika kalian menginginkan laptop dengan performa super kencang dan durabilitas bagus, maka ASUS ROG Strix SCAR 17 SE adalah jawabannya.

Viewing 1 post (of 1 total)
  • You must be logged in to reply to this topic.

Ready to start your journey?

If there is nothing in a chest, the chest doesn’t mean anything