ASUS ROG Strix G17, Layar Besar, Spek Gahar

ASUS ROG Strix G17 merupakan produk laptop gaming dari ASUS yang memiliki ukuran layar yang besar.

Jika Anda membutuhkan laptop gaming yang terjangkau dengan dibekali layar berukuran besar, maka ASUS ROG Strix G17 G713IC R735B6T-O ini adalah pilihan yang tepat.

Layarnya berukuran 17,3 inci dengan refresh rate hingga 144Hz, mampu menghasilkan performa grafis yang smooth guna mendukung pengalaman bermain game yang maksimal.

Soal performa, ASUS ROG Strix G17 G713IC R735B6T-O ini mengandalkan dukungan duet prosesor AMD Ryzen 7 4800H generasi Renoir yang ditandemkan dengan grafis dari NVIDIA® GeForce RTX™ 3050.

Duet tersebut mampu melahap berbagai game terkini dengan performa yang cukup maksimal. Tampilan laptop ini hadir dengan balutan desain modern nan futuristik.

Apalagi ditambah dengan berbagai fitur pendukung gaming yang membuatnya terasa gaming banget. Seperti Armoury Crate, AMD FreeSync, keyboard dengan teknologi Overstroke, dan LED RGB yang terletak pada bagian bawah bodinya membuatnya tampil semakin keren.

Layar Besar ASUS ROG Strix G17

Seperti yang telah disinggung di atas, ASUS ROG Strix G17 G713IC R735B6T-O dibekali dengan layar berukuran 17,3 inci.

Layarnya ini menggunakan teknologi IPS Level LCD LED (Light Emiting Diode) backlight dengan resolusi Full HD (1920 x 1080 piksel) dengan cakupan warna 45% NTSC color gamut yang cemerlang.

Jika hanya untuk memainkan game dan menikmati berbagai konten multimedia, rasanya sudah lebih dari cukup.

Fitur Eye Care yang terdapat pada ASUS ROG Strix G17 satu ini membuat mata penggunanya tidak cepat lelah saat menatap monitor.

Penggunaan bezel layar yang tipis sudah seperti satu hal wajib yang harus dimiliki sebuah laptop gaming terbaru. Tak terkecuali ASUS ROG Strix G17 yang juga hadir dengan rasio screen to body mencapai 85%, sehingga dimensi laptop ini sangat ringkas.

Selain itu, perlu diketahui bahwa layar laptop ASUS ROG Strix G17 G713IC R735B6T-O sudah memiliki refresh rate 144Hz.

Berguna untuk mengurangi screen tearing dan screen stuttering saat bermain game. Sehingga grafis yang dihasilkan lebih smooth, serta mendukung fitur Adaptive Sync.

Sistem Pendingin Paling Mutakhir

Sebagai sebuah laptop gaming yang megharuskannya bekerja secara maksimal, tentu harus memiliki system pendingin yang mumpuni.

Kali ini, ASUS ROG Strix G17 G713IC R735B6T-O juga memberikan desain pendinginan baru.

Cooling system tersebut dilengkapi dengan empat buah fan outlet untuk airflow yang lebih baik dan dipadukan dengan dua buah kipas dengan 84 bilah untuk mengusir panas.

Menariknya, laptop gaming tersebut mampu mencegah debu dan partikel lainnya menyumbat sistem pendinginan berkat dukungan teknologi Self Cleaning Cooling generasi baru.

Debu dan partikel semacam ini memiliki potensi yang bisa mengakibatkan terhambatnya aliran udara dan menyebabkan kerusakan komponen.

Bukan hanya itu, ASUS ROG Strix G17 yang didukung Thermal Grizzly yang menjadikan liquid metal sebagai pengganti thermal paste.

Fungsi penggunaan liquid metal pada perangkat tersebut bertujuan untuk mampu menghantarkan panas lebih baik sehingga sistem pendingin dapat bekerja lebih optimal.

Spek Gahar

Performa yang ditawarkan ASUS ROG Strix  G17 bisa dikatakan cukup gahar dan sangat kompetitif di kelasnya.

ASUS mengandalkan prosesor AMD Ryzen 7 4800H generasi APU (Accelerated Processing Unit) Renoir yang mengusung octa-core 16 thread berarsitektur Zen 2 yang sanggup berlari dengan kecepatan 2,9GHz dengan Turbo maksimal 4,2GHz.

Pada sisi RAM, Laptop gaming ASUS ROG Strix G17 G713IC R735B6T-O didukung memori RAM sebesar 8GB berjenis DDR4-3200MHz yang upgradeable hingga maksimal 32GB.

Sedangkan penyimpanan laptop gaming ini sudah mengandalkan SSD (Solid State Drive) M.2 PCIe 3.0 x4 berkapasitas 512GB yang menawarkan kecepatan transfer rate yang tinggi guna mendongkrak performa keseluruhan, serta hemat konsumsi daya.

Pada sisi baterai, ditenagai dengan baterai berkapasitas 4 cell 4S1P Li-ion 56WHrs yang telah mendukung fitur fast charge sehingga mampu mengisi baterai hingga 50% dalam 30 menit saja.

ASUS bahkan berani menawarkan layanan after sales yang mumpuni dengan ASUS VIP Perfect Warranty.

Pada bagian Grafisnya, mengandalkan GPU (Graphics Processing Unit) AMD Radeon RX Vega 7 iGPU yang ditandemkan dengan grafis diskrit NVIDIA® GeForce RTX™ 3050.

Grafis yang digunakannya tersebut sudah sangat bertenaga jika hanya menangani desain grafis ringan dengan mengusung 448 shader core, 28 TMUs, dan 8 ROPs dengan arsitektur Vega yang berlari dengan kecepatan 1600MHz dengan antarmuka memori system shared.

Jangan lupa juga bahwa laptop gaming ini telah dibekali dengan grafis NVIDIA® GeForce RTX™ 3050 berbasis chip GA107 yang menggunakan arsitektur Ampere.

Grafis GeForce RTX™ 3050nya ini mengandalkan 2048 CUDA core berkecepatan 1222MHz dan turbo 1485MHz yang dipadukan dengan 64 TMUs, dan 16 ROPs.

Kartu grafis tersebut didukung dengan memori VRAM 4GB GDDR6 berkecepatan 12Gbps dengan antarmuka memori 128-bit.

Adanya dua kartu grafis di dalamnya mampu bekerja bergantian berkat adanya aplikasi tuning Armoury Crate yang memungkinkan penggunanya melakukan pemantauan statistik perangkat keras, kustomisasi fitur, dan didukung Profil Skenario.

Fitur Profil Skenario ini mampu dimanfaatkan untuk menentukan dan menyesuaikan preferensi secara otomatis menyesuaikan kinerja dan pengaturan lain saat menjalankan game atau aplikasi tertentu.

Laptop ROG Strix G17 hadir dengan konektivitas yang cukup lengkap di kelasnya, seperti adanya dukungan WiFi 6 (802.11ax) 2×2, LAN, Bluetooth 5.1 Combo, Port USB 3.2 Gen2, Port USB 3.2 Gen2 Type-C (support DisplayPort dan Power Delivery), Port HDMI, dan port combo audio 3,5mm. Soal harga, laptop ini masih cukup terjangkau, yakni berada dikisaran Rp18.700.000.

3 thoughts on

ASUS ROG Strix G17, Layar Besar, Spek Gahar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Ready to start your journey?

If there is nothing in a chest, the chest doesn’t mean anything