ASUS ROG G512LI, Tawarkan Pengalaman Gaming Terbaik

Melalui ROG G512LI, ASUS tawarkan penyegaran produk di seri ROG Strix G15. Walau secara umum masih mengusung konsep desain ROG Face Off hasil kolaborasi dengan BMW Designworks Group. Untuk mengetahui gambaran spesifiknya, silakan simak ulasan pada paragraf-paragraf di bawah ini.

Desain Fisik ASUS ROG G512LI

ASUS ROG G512LI tampil dengan desain fisik menawan laiknya mobil sport yang sarat lekukan dan lubang-lubang pembuangan panas.

Aksen tekstur brushed metal finnish di bagian penampangnya dengan logo mata ROG yang memang menjadi ciri khas laptop gaming besutan ASUS menambah aura elegan pada desain fisiknya. Namun sayang, mata ROG tidak dapat menyala sama sekali. Hanya dilapisi krom yang bersifat relfektif.

Walau terbuat dari bahan plastik, fisik ASUS ROG G512LI sangat kokoh. Ditambah dengan ukuran dimensi yang tergolong cukup besar, serta bobot lumayan berat. Sehingga patut dipertimbangkan untuk menentengnya secara asal.

Bagian bawah bodinya dikelilingi oleh lampu RGB. Sehingga membuatnya tampak sungguh menawan. Terutama ketika digunakan di ruang gelap. Begitu juga dengan aksen warna merah yang terpancar di bagian exhaus, menambah pesona sangar untuk sebuah laptop gaming.

Laptop ini tidak menyediakan port sama sekali di sisi samping kanannya. Keberadaan port diletakkan di sisi kiri dan belakang laptop. Untuk sisi kiri terdapat tiga buah port USB-A 3.2 (GEN1) serta 3,5mm audio combo jack. Sementara di bagian belakang bodi, tepatnya di antara kedua exhaust, terdapat beberapa port yang terdiri dari HDMI 2.0b, RJ45 LAN Jack, USB-C 3.2 (GEN2) yang mendukung layar eksternal, serta Power DC.

Penempatan beberapa port di bagian belakang adalah langkah yang tepat. Lantaran dapat meminimalisir lalu lalang kabel sehingga membuat lebih fokus dan memberikan ruang lebih luas ketika menggunakan mouse tambahan saat bermain game.

Bagian keyboardnya  sudah menggunakan jenis backlit RGB serta tombol WASD transparan yang dihadirkan sebagai navigasi visual ketika bermain game. Terutama di ruang gelap. 

Bagian touchpad-nya pun tergolong luas. Lapisan permukaannya yang halus, memudahkan jari menyelusur untuk melakukan klik kanan dan kiri.

Layar ASUS ROG G512LI

Seri ROG Strix G15 besutan ASUS yang satu ini dibekali layar berukuran 15.6 inci.  Menggunakan teknologi panel IPS-Level LCD dengan resolusi full HD 1920 x 1080 piksel. Sehingga mampu hasilkan sudut pandang yang luas. 

Selain didukung teknologi ASUS Splendid, layar ASUS ROG G512LI telah mengusung desain NanoEdge dengan bezel yang amat tipis. Sehingga dimensi laptop secara keseluruhan bisa lebih ringkas.

Panel layarnya sudah dilengkapi fitur anti-glare yang mampu meredam pantulan cahaya. Selain itu, layar laptop gaming besutan ASUS yang satu ini mampu memancarkan spektrum warna hingga 72% NTSC dan sRGB 100%.

Layar seri ROG Strix G15 yang satu ini pun tawarkan refresh rate 144hz. Sehingga mampu mengurangi screen tearing dan screen shuttering ketika bermain game. Tak hanya itu, panel layarnya pun sudah mendukung fitur Adaptive Sync dan Nvidia G-Sync.

Dapur Pacu ASUS ROG G512LI

ROG G512LI ditenagai oleh 10th Gen Intel® Core™ i7-10750H processor Comet Lake-H hexa-core atau 6-core (12 thread) yang mampu berlari dengan kecepatan 2,6GHz dengan TurboBoost maksimal 5GHz.  Dipadu dengan RAM berkapasitas 8GB DDR4 3200MHz yang dapat di-upgrade maksimal 32GB.

Sementara di sisi grafis, seri ROG yang satu ini mengandalkan dual graphics yang terdiri dari grafis terintergrasi Intel UHD Graphics 630 dan grafis diskrit Nvidia GeForce GTX 1650 Ti yang mampu bekerja secara bergantian, sesuai kebutuhan dengan teknologi Nvidia Optimus.

Bahkan dibekali pula dengan grafis mandiri dari Nvidia GeForce GTX 1650 Ti berbasis chip TU117 yang telah menggunakan arsitektur Turing. Grafis mandiri ini mengandalkan 1024 CUDA core berkecepatan 1350Mhz yang dipadukan dengan 64 TMUs, dan 32 ROPs. Kartu grafis GeForce GTX 1650 Ti ini dikawinkan dengan memori VRAM 4GB GDDR6 berkecepatan 12Gbps dengan antarmuka memori 128-bit.

Sedangkan di sektor penyimpanan, seri ROG Strix G15 satu ini dibekali dengan media penyimpanan berupa SSD 512GB NVMe PCIe 3 x4 yang mampu tawaran performa transfer rate yang tinggi. Penggunaan SSD sangat cocok, terutama karena memungkinkan desain laptop yang sangat tipis, performa yang lebih kencang, dan tentu saja konsumsi daya yang jauh lebih efisien daripada menggunakan hard disk.

Daya baterai ROG G512LI memiliki daya tahan yang tergolong di atas rata-rata. Untuk mengisinya hingga penuh pun hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam 34 menit dengan menggunakan adapter 120W.  Sebuah angka yang cukup wajar untuk kelas laptop gaming.

Fitur-fitur Pendukung

ROG G512LI dilengkapi dengan sistem pendinginan baru yang telah memanfaatkan liquid metal sebagai pengganti thermal paste. Konon, penggunaan liquid metal diklaim mampu menghantarkan panas lebih baik. Sehingga sistem pendingin bisa bekerja lebih optimal. Sistem pendinginan ini mampu tawarkan suhu hingga 12 derajat celcius lebih rendah dan dapat mengurangi kebisingan hingga 4%.

Seri ROG Strix G15 yang satu ini pun telah dilengkapi dengan aplikasi tuning Armoury Crate yang memungkinkan penggunanya melakukan pemantauan statistik perangkat keras, kustomisasi fitur, dan didukung Profil Skenario.

Konon, Fitur Profil Skenario memiliki fungsi untuk menentukan dan menyesuaikan preferensi yang secara otomatis menyesuaikan kinerja dan pengaturan lain ketika menjalankan game atau aplikasi tertentu.

Kesimpulan

ROG G512LI, secara keseluruhan, merupakan sebuah laptop gaming mumpuni yang mampu meningkatkan pengalaman gaming lebih jauh lagi. Layar yang menawan dan performa tinggi menjadi daya tarik utama dari laptop ini. Sehingga cocok bagi kamu yang sering bermain game secara kompetitif.

2 thoughts on

ASUS ROG G512LI, Tawarkan Pengalaman Gaming Terbaik

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Ready to start your journey?

If there is nothing in a chest, the chest doesn’t mean anything