Tips Jadi Gamer Asik, Beretika Saat Mabar

Siapa yang gak suka main game ? apalagi ketika mabar dengan teman-teman sekitar ataupun dengan teman online kalian. Tapi kamu gak bisa serampangan saat mabar loh! Berikut ini kita akan membahas tips jadi gamer asik, beretika saat mabar.

Di dunia ITE (Informasi teknologi dan komunikasi) ada banyak rules yang harus dijaga salah satunya menjaga etika saat mabar. Kamu juga bisa loh bermain game asik namun tetap beretika. 

Jadi kamu tetap bisa menjadi gamer profesional, dan tetap bermain game dengan asik, serta beretika saat mabar. Ikuti dan praktekkan etika-etika main game ini ya!

Jangan Suka Spam Chat ke Lawan

Tips pertama yang tidak boleh kamu lakukan ketika main bareng lawan adalah tidak melakukan spam chat kepada lawan maupun tim. Mungkin kita merasa biasa saja tapi mengirim pesan secara berlebihan akan membuat lawan main ataupun orang-orang di tim kamu merasa risih.

Cukup beri pesan-pesan penting untuk komunikasi saat main bareng bisa berjalan lancar. Tak apa jika ingin mengirim pesan untuk keseruan bermain hanya saja etika dalam mengirim pesan harus di jaga. 

Karena jika kita bermain dan mengirim pesan-pesan tidak jelas dengan lawan yang cukup sensitif tentu akan membuat mereka tersinggung dan menghentikan permainan.

No Discriminatif

Bermain game secara online akan membuat kamu bertemu dengan berbagai macam latar belakang dan watak pemain. Di dunia maya kamu bukan saja akan bertemu dengan orang Indonesia, bahkan orang-orang dari luar negeri.

Maka etika jangan sampai dilupakan. Hal yang harus kamu lakukan ketika bertemu lawan main yang berbeda, adalah jangan mengejek apapun yang berkaitan tentang latar belakang mereka seperti ras, warna kulit, suku, gender, hingga negara yang berbeda.

Percakapan yang terkesan merendahkan akan membuat kamu berlaku diskriminatif. Hal ini tentu tidak akan membuat para player respect lagi pada kamu. Apalagi jika bermain dengan lawan internasional tentunya mereka akan memiliki stereotipe negatif pada orang-orang Indonesia.

Ingat, saat kamu menghargai orang maka orang akan menghargai kamu begitu juga sebaliknya.

Kurangi Ngomong Kasar

Saat bermain game dan masuk ke dalam dunia player kita akan terbawa dengan suasana yang terjadi didalam game. Sehingga mulut pun susah untuk terkontrol tak jarang kita berkata kasar ketika ada kesalahan dalam bermain game ataupun saat kit kalah main.

Apalagi saat bermain game kita juga tidak bisa memprediksi siapa lawan main kita. Umurnya bahkan bisa lebih muda dari mu atau masih berstatus anak-anak. Sebagai orang dewasa kita juga harus mengontrol perkataan agar tidak mengajarkan mereka pengaruh buruk ya guys.

Main yang Sportif 

Kamu tentu merasa risih saat orang lain curang dalam suatu pertandingan begitu juga yang mereka rasakan jika mendapati kamu berbuat curang. Ingat curang itu pilihan bukan kesalahan yang tentunya sebagai seorang gamers sejati seorang pro player kamu harus menjunjung sportifitas.

Saat mabar jika kamu ketahuan berbuat curang, maka tak segan-segan akan ada sanksi juga dari pihak game. Dimana salah-salah akun kamu akan di banned dan tidak bisa lagi mengakses game tersebut. 

Ucapan Terimakasih itu Penting Loh

Selesai bermain game jangan lupa ucapkan terimakasih kepada lawan atas permainan yang telah berlangsung. Walaupun kamu dalam keadaan kalah jangan ragu untuk bilang terimakasih ya, sekecil mengucap ‘’ Bro terimakasih ya, permainan mu bagus’’

Ucapan yang kita kira kecil tersebut akan berdampak besar bagi lawan. Setidaknya kita mengapresiasi lawan yang telah sudi bermain bersama kita. Dari ucapan terimakasih pula menunjukkan attitude kita sebagai pemain yang profesional. Selain itu kamu bisa mengupgrade pertemanan lho.

Ucapan terimakasih juga bisa jadi ajang kamu bakalan akrab dengan lawan main sehingga menambah teman kamu dalam dunia game.

Saling Menasehati Sesama Gamer

Perkataan kasar sekarang seakan-akan sudah menjadi makanan sehari-hari sehingga anak-anakpun tak tabu lagi untuk berkata tak senonoh ketika bermain game. Hal ini tentunya sangat melanggar etika. Kebiasaan buruk ini bisa jadi akan terbawa hingga dunia luar game.

Kamu sebagai orang dewasa dan pro player harus bisa mengajak mereka saling mengingatkan ketika bermain game. Agar etika tetap terjaga tapi bisa seru-seruan dengan gamer lain.

Jangan Lupa Waktu

Main game emang asyik, sampai-sampai kita lupa waktu. Lupa waktu beribadah, lupa waktu makan dan bahkan sering menghiraukan himbauan orang tua di rumah. Ingat seasyik apapun permainan game yang kamu jalani. Jangan lupa waktu prioritas kamu.

Penutup

Sekarang sudah siap untuk mempraktekkan tips jadi gamer asik, beretika saat mabar tersebut ? Ingat ya! Apapun yang kalian lakukan dalam dunia game yang termasuk dunia maya tersebut akan terekam sebagai data dunia cyber yang mana harus dipertanggung jawabkan.

Jangan sampai kamu semena-mena dalam dunia game sehingga nantinya akan terjerat pasal-pasal UU ITE akibat perkataan kasar, perkataan sara ataupun melakukan kecurangan dalam bermain game. Itu dia tips jadi gamer asik, beretika saat mabar.

FYI : Jika masih ada pertanyaan terkait tips, game, produk ROG, bisa langsung masuk ke forum ROG Community. Di sana Anda bisa sharing dan konsultasi dengan dengan sesama member sepuasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Ready to start your journey?

If there is nothing in a chest, the chest doesn’t mean anything