Cara Main Dota 2 Untuk Pemula Paling Efisien

Kalau kamu memang pengemar game PC, wajib hukumnya kamu mencoba Dota 2. Namun misal kamu baru saja memainkannya, pastikan kamu tahu cara main Dota 2 untuk pemula. Tidak sulit untuk memainkan Dota 2, meskipun begitu tetap saja ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan.

Game Dota 2 sangat asik dimainkan, karena terdapat berbagai dimensi dan karakter yang dapat dimaiankan dan dikembangkan kombo-kombonya. Berbeda dengan game yang lain, misal game racing yang bisa dibilang game yang tidak banyak memiliki skill dan kombo.

Jangan sampai kamu asal dalam memainkan Dota 2. Agar kamu dapat merasakan keseruannya, kamu harus mengetahu gameplay-nya. Juga agar kamu tidak senantiasa mengalami kekalahan. Maka dari itu minimal kamu mengetahui dasar-dasar bermainnya.

Perkembangan Dota 2

Dota 2 adalah game online yang meraih popularitas cukup tinggi di kalangan gamer seluruh dunia. Dota 2 adalah game bergenre MOBA yang diterbitkan oleh Valve pada tahun 2013. 

Game ini adalah sekuel lanjutan dari Dota atau Defense of Ancients (DotA) seri pertama. Dota 2 dapat dimainkan secara gratis di PC dengan sistem operasi Microsoft Windows, Linux, atau OS X atau melalui Steam.

Walaupun sangat populer, game ini ternyata menuai kritik dari berbagai pihak, salah satunya karena sistem gameplay yang sulit dipelajari, apalagi untuk pemula. Namun bagaimanapun, Dota 2 tetap sukses bahkan menjadi game paling banyak dimainkan pada pertengahan 2017 silam di mana saat itu Dota 2 dimainkan oleh 800.000 pemain dalam satu hari.

Hingga kini pun, Dota 2 tetap banyak dimainkan dan termasuk ke dalam 10 game versi PC yang paling banyak dimainkan di dunia bersaing dengan PUBG, League of Legends hingga Counter Strike Global Offensive.

Game Dota 2 sendiri fokus pada pertandingan dua tim yang masing-masingnya berisi 5 pemain yang disebut Radiant (tim sudut kiri) dan Dire (sudut kanan). Dalam game ini ada dua markas utama dan kedua tim tersebut bertugas untuk mempertahankan masing-masing markas yang juga disebut Ancient. 

Selain itu, para pemain juga ditugaskan untuk melakukan perjalanan menuju markas atau Ancient musuh untuk kemudian menghancurkannya. Tim yang lebih dulu berhasil menghancurkan Ancient musuh akan jadi pemenangnya. 

Cara main Dota 2 untuk pemula

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, game Dota 2 menuai banyak kritik karena sistem gameplay yang sulit dikuasai, terutama oleh pemula. Karenanya, pemula harus bekerja ekstra untuk dapat menguasai game ini.

Selain itu, pemula juga dapat melakukan trik-trik lain yang lebih efisien agar cepat menguasai game ini. Berikut adalah cara main Dota 2 untuk pemula yang efisien. Simak terus informasinya!

Pelajari Kemampuan Hero

Saat ini dalam Dota 2 ada total 117 hero yang dapat digunakan. Mengetahui kemampuan hero memang bukan hal yang mudah dilakukan, apalagi jumlahnya sangat banyak. Apalagi biasanya pemain hanya stuck di hero-hero tertentu yang dianggap nyaman digunakan.

Namun cara ini ternyata menutup kemungkinan eksplorasi kita terhadap hero sehingga pengetahuan kita akan kehebatan hero lain tertutup juga. Karenanya, jangan ragu untuk mencoba hero baru meskipun nantinya kamu mengalami kekalahan. 

Pengalaman memahami hero sangatlah penting, apalagi hero tersebut digunakan musuh nantinya, jadi kamu dapat mengetahui kelemahannya. Untuk memudahkan kamu mulai mempelajari hero, pilihlah hero yang paling banyak digunakan terlebih dahulu seperti Juggernaut, Sven, Drow Ranger dan Dragon Knight. Setelah itu baru mencoba hero lainnya.

Pelajari Setiap Role

Cara main Dota 2 untuk pemula selanjutnya adalah mempelajari setiap role yang ada di Dota 2. Ada lima jenis role dalam game ini, yaitu Hard Carry, Midlaner, Offlaner, Roaming Support/Semi-Support dan Hard Support.

Usahakan kamu memahami masing-masing role dan tugas di dalamnya. Semakin kamu memahami role, maka permainan dan strategi yang akan kamu keluarkan pun akan semakin mudah dan tergambar. 

Perbanyak Last Hit

Cara selanjutnya adalah mengetahui pentingnya last hit dan berusahalah melakukan last hit sebanyak mungkin. Hal ini  dikarenakan kamu dapat memperoleh Gold saat melakukan last hit. 

Last hit adalah istilah di mana pemain membunuh musuh di saat-saat terakhir. Semakin banyak last hit yang kamu lakukan, maka gold yang kamu miliki akan semakin banyak dan hero kamu jadi kaya. Hal ini berlaku sebaliknya. 

Selain memberlakukan mekanisme last hit, Dota 2 juga memberlakukan mekanisme di mana creep equilibrium bisa di-deny atau minion tim yang dapat kamu bunuh sendiri untuk mengurangi jumlah EXP yang akan didapatkan oleh lawan.

Bangunlah Teamwork yang Bagus

Cara main Dota 2 untuk pemula yang ke empat adalah membangun tim yang bagus dan solid. Kesolidan tim sangatlah penting untuk memperlancar jalannya permainan, apalagi game ini sangat tergantung pada kerja tim.

Jika kerja tim buruk, maka jalannya permainan pun akan buruk. Begitu pula sebaliknya. Cara membangun tim yang baik adalah dengan komunikasi, tidak bersikap egois, serta membagi tugas berdasarkan kemampuan masing-masing hero dan skill pemain. 

Pelajari Cara Bermain Efisien

Cara terakhir adalah yang paling penting di mana bermain efisien adalah kunci utama bermain sebagai pemula, dan berlaku juga untuk pemain yang sudah ahli. Bermain efisien akan memberi kamu keuntungan, tidak membuang waktu juga tidak membuang aset yang kamu miliki.

Cara bermain efisien misalnya dapat kamu lakukan dengan mengetahui waktu yang pas untuk melakukan last hit, memanfaatkan sebaik mungkin damage dari mage, tidak membuang-buang gold, memahami betul kemampuan hero, dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Latih terus kemampuan kamu, jangan takut mati dan pahami setiap kegagalan yang kamu alami. Setelah melewati fase tersebut, kamu akan tahu betul bagaimana bermain yang efisien dan bagaimana yang tidak. Selamat mencoba!

Cara main Dota 2 untuk pemula yang terbaik memang dengan mencoba bermain sesering mungkin. Dengan begitu kamu akan terus terlatih. Namun pastikan juga selalu belajar disetiap permainan. Sehingga dapat menambah skillmu. Hingga akhirnya dapat menjadi pemain profesional.

FYI : Jika masih ada pertanyaan terkait tips, game, produk ROG, bisa langsung masuk ke forum ROG Community. Di sana Anda bisa sharing dan konsultasi dengan dengan sesama member sepuasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Ready to start your journey?

If there is nothing in a chest, the chest doesn’t mean anything