Cara Live Streaming Di Facebook Gaming Paling Mudah

Cara live streaming di Facebook gaming- Facebook  saat ini merupakan sebuah platform terbesar yang menduduki beberapa platform yang ada. Mulai dari YouTube, WhatsApp sudah mulai ikut bergabung bersama Facebook sejak pendiri Facebook Mark Zuckerberg membeli saham mereka.

Ada banyak sekali ganre game-game yang dapat dijadikan game streaming, semisal game racing, game battle roylae, game TPS (Third Person Shooter), dll. Hal ini tergantung dengan game yang Anda minati.

Mengaktifkan live streaming di Facebook gaming ini terbilang cukup mudah. Kamu hanya perlu membuat beberapa homepage sebelum nantinya siap untuk dijadikan sebagai akun live streaming. Untuk lebih jelasnya, kami akan memberikan cara live streaming di Facebook gaming.

Perkembangan Facebook Gaming

Hingga saat ini Facebook selalu melakukan optimasi hingga dapat diakses untuk seluruh kalangan masyarakat. Mulai dari Facebook komunitas hingga menciptakan sub platform yang ada di dalam Facebook itu sendiri.

Untuk kamu para gamer, pasti tidak asing dengan platform baru yang tersedia di Facebook. Platform live streaming baru-baru ini marak digunakan bagi sebagian besar remaja bahkan hingga orang dewasa juga banyak yang menggunakan platform tersebut.

Live streaming tersebut bisa kamu akses di Facebook dengan mudah. Bahkan Facebook menyediakan platform live streaming khusus untuk kamu para gamer yang ingin menggunakannya, juga untuk menunjukkan keahlian mu dalam bermain sebuah game.

Cara Live Streaming Di Facebook Gaming

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah membuat Facebook gaming page terlebih dahulu
  2. Kemudian pergi ke halaman website www.facebook.com/gaming/pages/create yang bertuliskan ‘Facebook Create a Gaming Video Creator’
  3. Setelah itu kamu akan diminta untuk log in menggunakan akun Facebook mu
  4. Setelah masuk, kamu akan diminta untuk membuat nama dan pilih ‘Continue’
  5. Untuk tambahan profil homepage mu, kamu harus mengunggah foto profil serta foto background. Langkah ini juga bisa kamu skip dan mengaturnya nanti setelah semua proses pembuatan akun selesai
  6. Homepage Facebook Gaming Creator kamu sudah selesai dan sudah dapat diakses. Halaman kamu nantinya akan muncul di bagian bawah Your Pages pada halaman Facebook Home.

Setelah kamu mendapatkan akun yang sudah siap untuk live streaming. Selanjutnya yaitu langkah  melakukan live streaming Facebook gaming. Kamu memerlukan beberapa alat untuk melakukan live streaming. 

Cara Live Streaming di Facebook Gaming dengan OBS

  1. Langkah yang pertama yaitu kamu harus menginstall Aplikasi Open Broadcaster Software Studio (OBS Studio) di laptopmu
  2. Setelah kamu mendapatkan dan menginstall OBS. Kunjungi homepage live streaming Facebook gaming mu
  3. Kemudian klik tombol Create Live Stream
  4. Setelah itu akan muncul sebuah tampilan untuk mempersiapkan live streaming Facebookmu. Kamu cukup menyalin Stream Key yang terdapat pada halaman tersebut
  5. Buka kembali OBS yang sudah kamu install. Kemudian pergi ke menu settings yang terdapat pada jendela OBS
  6. Kemudian pergi ke tab stream dan pilih service Facebook Live, kemudian salin stream key yang sudah kamu copy sebelumnya dan pilih OK
  7. Buka game yang ingin kamu mainkan di PC. Lalu klik ikon + pada bagian Source dan pilih Game Capture. Kalau muncul berikutnya, tinggal klik OK
  8. Selanjutnya kamu tinggal mengubah mode Capture specific window dan Windows: Pilih jendela game yang dimainkan. Jika sudah kamu tinggal klik OK
  9. Pakai audio dengan klik ikon + pada bagian Source dan pilih Audio Input Capture. Jika muncul jendela berikutnya, atur di device default lalu klik OK
  10. Sama seperti langkah sebelumnya jika ingin menambahkan Face cam dan suara dari mic
  11. Kemudian atur background live streaming untuk merapikan layout yang akan digunakan
  12. Yang terakhir kamu tinggal kembali ke laman live streaming Facebook dan tunggu hingga tampilan OBS muncul.

Dengan begini cara live streaming di Facebook gaming sudah selesai dan dapat kamu lakukan. Selanjutnya kamu hanya perlu menambahkan beberapa deskripsi mengenai game yang sedang kamu mainkan, memberikan judul live streaming dan detail kecil lainnya.

Dengan menggunakan live streaming Facebook gaming, kamu juga bisa mendapatkan uang melalui platform tersebut. Nantinya saat kamu melakukan live streaming, akan ada penonton yang memberikan kamu sebuah hadiah atau gift berupa star.

Hadiah berupa star ini bisa kamu tukar dengan rupiah jika sudah mencapai batas penukaran yang ditentukan oleh platform live streaming Facebook gaming tersebut. Semakin banyak star yang kamu dapatkan, maka semakin banyak juga uang yang bisa kamu hasilkan dengan melakukan live streaming melalui Facebook gaming.

Penutup

Itu tadi merupakan beberapa cara live streaming di Facebook gaming yang bisa kamu lakukan. Mulai dari membuat homepage hingga menggunakan OBS untuk bisa melakukan live streaming yang memadai.

Selanjutnya pastikan Anda telah menjadi partner Facebook Gaming, apabila belum, Anda perlu mencoba untuk menjadi partner.

Sebenarnya menggunakan live streaming langsung melalui Facebook gaming juga bisa dilakukan. Akan tetapi, kualitas live streaming yang dihasilkan kurang maksimal dan perlu ditambah dengan bantuan pihak ketiga yaitu OBS. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Ready to start your journey?

If there is nothing in a chest, the chest doesn’t mean anything