Cara Setting Mouse Gaming Macro Lewat Driver

Cara setting mouse gaming – Mouse gaming merupakan mouse yang digunakan khusus untuk  bermain game di mana tombol-tombol yang tersedia mendukung game. Mouse yang dikhususkan untuk gaming disebut juga sebagai mouse macro.

Mouse macro sangat popular di kalangan gamers, ini dikarenakan mouse ini sengaja didesain untuk bermain game. Kemunculan mouse macro sangat membantu mempermudah game, terutama karena tombol dan bentuknya yang cocok untuk bermain game.

Adapun, beberapa game yang cocok dimainkan menggunakan mouse macro adalah MOBA, MMO, RTS, dan lain-lain. Agar kamu semakin menjadi gamer professional, kamu harus mengetahu cara setting mousenya!

Keuntungan Menggunakan Mouse Macro

Sebelum mengetahui lebih lanjut, penting untuk kamu untuk mengetahui terlebih dahulu keunggulan mouse gaming macro dibandingkan dengan mouse standar pada umumnya. Adapun keunggulan mouse macro di antaranya:

DPI (dots per inch) Tinggi

DPI atau dots per inch merupakan ukuran yang dimiliki oleh mouse dalam melakukan mobilisasi ke berbagai sudut layar. Tingginya DPI akan menentukan kecepatan dan pergerakan pointer, termasuk tingkat keakuratan pointer. Semakin tinggi DPI yang dimiliki mouse, maka semakin tepat sasaran mouse tersebut.

Mouse macro merupakan jenis mouse yang memiliki nilai DPI tinggi. Pada mouse standar, nilai DPI nya ada di kisaran 500 – 800, sedangkan pada mouse macro angka DPI nya bisa mencapai 2000 DPI. Perbedaan yang sangat jauh bukan? Itulah mengapa mouse macro sangat cocok untuk bermain game.

Desain Keren dan Nyaman

Keunggulan kedua dari mouse macro adalah desainnya yang nyaman sekaligus keren. Secara bentuk, mouse macro memiliki bentuk yang lebih unik dibandingkan mouse standar. Mouse macro juga dilengkapi dengan lampu-lampu yang membuat tampilannya lebih keren. Posisi tombol yang pas membuat mouse macro lebih nyaman digunakan. 

Banyak Fitur Tambahan

Keunggulan ketiga dari mouse gaming macro adalah banyaknya fitur tambahan. Fitur ini pula yang akan mempermudah cara setting mouse gaming. Fitur tambahan yang ada di macro mouse pertama adalah sensitivitas tinggi yang membuat bermain game lebih mudah dan cepat.

Fitur kedua adalah adanya LED laser yang akan menyala saat kamu melancarkan beberapa jurus menyerang, menembak, dan lain-lain saat bermain game. Terakhir, macro mouse juga dilengkapi dengan memory on-board yang berfungsi menyimpan karakter maupun jurus game. 

Fitur-fitur ini akan menambah keunggulan kita dalam berbagai game, misal game battle royale, game RTS, game racing, dll.

Kunci Makro

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa pembeda paling mencolok antara mouse macro dan mouse standar adalah tombol-tombol yang melengkapinya. Mouse macro dilengkapi dengan beberapa tombol tambahan atau biasa disebut kunci makro (macro keys).

Kunci makro dalam macro mouse adalah tombol back atau return, serta tombol double click atau triple click. Selain itu, kamu juga dapat menyesuaikan tombol-tombol tersebut dengan kebutuhan saat bermain game. Misalnya, kamu dapat membuat tombol bagian samping untuk peluru, menghindar, ataupun melempar bom. 

Daya Tahan Lebih Lama

Keunggulan selanjutnya dari macro mouse adalah daya tahan yang lebih lama. Mouse macro memang sengaja diciptakan dengan daya tahan tinggi untuk mencegah mouse rusak, bahkan saat gamer menggunakannya dengan saat keras saat bermain game. 

Ketahanan ini meliputi ketahanan jumlah klik dan scroll. Selain itu, mouse macro juga didesain menjadi mouse yang tahan banting. Di sisi lain, mouse standar tidak memiliki daya tahan hebat seperti mouse macro sehingga tidak cocok digunakan bermain game.

Cara Setting Mouse Gaming Macro Lewat Driver

Bagi gamers, mouse macro menjadi perangkat pendukung game yang sangat diidam-idamkan. Namun, bukan lagi rahasia umum jika mouse macro memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan mouse standar. Walaupun seperti itu, hal ini tentu sebanding dengan kualitas mouse yang ditawarkan.

Karena harga yang tinggi, tentu kamu harus merawatnya dengan baik. Terlepas dari daya tahan mouse yang tinggi, mouse macro tentu akan rusak juga jika tidak dirawat dengan baik. Untuk kamu yang sudah memiliki mouse macro gaming, berikut informasi cara mengatur mouse gaming melalui driver yang dapat kamu lakukan sendiri di rumah:

Install Driver Mouse Macro

Pertama, install driver mouse macro. Pastikan kamu menginstal driver yang sesuai dengan seri dan tipe mouse macro gaming yang kamu punya.

Klik dua kali pada driver saat kamu menginstalnya. Setelah itu, saat popup muncul, klik next lalu setelah penginstalan berhasil, klik finish.

Langkah selanjutnya dari cara mengatur mouse gaming macro adalah dengan membuka Oskar Editor lalu pilih profile mouse macro yang kamu kehendaki.

Pilihlah key mana saja yang ingin kamu atur dalam mouse macro kamu

Lalu klik macro manager

Saat muncul jendela baru, berilah perintah macro mouse sesuai yang kamu inginkan dan butuhkan.

Penutup

Itulah cara setting mouse gaming macro melalui driver yang dapat kamu lakukan sendiri di rumah. Pastikan saat melakukan setting, device kamu tersambung dengan internet yang stabil. Selamat mencoba!

Jika kamu merasa jago dalam mengatur mouse, direkomendasikan untukmu agar mencoba merakit PC gaming sendiri, agar dapat upgrade perangkat agar semakin gahar.


FYI : Jika masih ada pertanyaan terkait tips, game, produk ROG, bisa langsung masuk ke forum ROG Community. Di sana Anda bisa sharing dan konsultasi dengan dengan sesama member sepuasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Ready to start your journey?

If there is nothing in a chest, the chest doesn’t mean anything